REDAKSI KATAKAMI

Ikon

Jurnalisme Yang Layak Dipercaya

Irwasum Polri Komjen Pol. Jusuf Manggarabani : Percayalah POLRI Akan Netral. Kalau Melanggar, Laporkan Saja !

Komjen Jusuf Manggabarani

Komjen Jusuf Manggabarani

DIMUAT PERTAMA KALI DI KATAKAMI JANUARI 2009
 
JAKARTA (KATAKAMI)  Inspektur Pengawasan Umum (IRWASUM) Polri Komisaris Jenderal Polisi Jusuf Manggabarani menjamin sikap NETRAL Polri dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) pada tahun 2009 ini.

Walau tidak terlalu banyak yang bisa “dikorek” dari IRWASUM, tetapi secara tegas lulusan Akpol Angkatan 1975 ini meminta kepada semua pihak untuk mempercayai komitmen dan kesungguhan Polri dalam melaksanakan sikap NETRAL tersebut.

Disela-sela kesibukannya yang sangat padat pada hari Kamis (8/1/2009) kemarin, IRWASUM Komjen. Pol. Jusuf Manggabarani bersedia menerima KATAKAMI.COM untuk melakukan wawancara EKSKLUSIF.Tak mudah memancing Jusuf Mangga untuk bicara panjang lebar.

Ayah dari empat orang anak ini memang dikenal sebagai figur yang bersih, jujur, tegas dan punya integritas yang sangat tinggi.Walau sering disebut sebagai Perwira Tinggi yang “berwajah tanpa ekspresi”, IRWASUM Jusuf Mangga menyapa dengan gaya “Sulawesi” yang sangat kental.

“Oh, ini yang dari KATAKAMI ya ? Saya baca tulisannya itu mengenai diri saya. Darimana dapat semua informasi soal saya ? Waktu itu saya telepon anak saya, coba kau buka internet. Ada berita soal Papa. Saya tak mau bilang isinya. Lalu anak saya buka. Dia kasih ke ibunya. Mereka baca sama-sama. Mereka terkejut karena tidak biasa saya ditulis khusus. Sebab saya ini kan memang paling tidak mau banyak bicara. Yang terpenting buat saya itu, bekerja sebaik-baiknya. Jadi, waktu itu istri saya bercanda, wah ini kok bisa ditulis sama cewek? Anak saya balas, wah ini Papa punya fans. Ibunya tertawa. Lalu anak saya yang perempuan bilang, bahwa dia juga nge-fans sama Papa-nya ini. Mereka semua mau bercanda ke saya.” kata Jusuf Mangga mengawali perjumpaan kami.

*****

Lewat wawancara EKSKLUSIF ini, Komjen Pol. Jusuf Manggabarani bersedia untuk memberikan jawaban yang menjelaskan dan mempertegas komitmen dan kesungguhan Polri dalam melaksanakan sikap NETRAL, baik dalam rangka menjaga keamanan Pemilu Legislatif 2009. Dan untuk menjaga keamanan pelaksanaan Pemilu Pilpres 2009.

Walaupun Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri sudah secara tegas memberitahu dan meyakinkan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa POLRI akan netral dalam Pemilu 2009 ini tetapi sejumlah pihak tetap meragukan kemauan dan kemampuan untuk menjaga NETRALITAS Polri tadi.

“Pak Jusuf Mangga, diluar sekarang sedang ramai dituding bahwa Polri mulai tidak netral. Sebab, tokoh Rizal Ramli ditetapkan sebagai tersangka. Rizal Ramli memang belum bisa disebut Capres karena sampai saat ini belum ada satu parpolpun yang secara resmi mencalonkan beliau. Jadi, beliau berminat da menawarkan diri kepada parpol-parpol untuk dipindang secagai Capres. Pertanyaannya, bagaimana tanggapan Pak Irwasum bahwa Polri dituding tidak netral ?” tanya KATAKAMI.COM.

“Tidak ada hubungan penetapan status tersangka itu dengan sikap netral. Polri akan benar-benar netral. Untuk apa ada saya disini, kalau saya tidak bisa membantu Pak Kapolri untuk menjamin sikap netral tadi. Kalau dimana saja, ada polisi yang coba-coba untuk tidak netral, berpihak kesana kesini, laporkan pada kami. Laporkan pada saya. Pasti kami periksa dan kami tindak tegas. Malah kalau ada yang mau melaporkan Jusuf Mangga, laporkan saja jika ada kasus pelanggarannya. Ada atau tidak ? Belum pernah ada yang melaporkan Jusuf Mangga,” jawab IRWASUM.

Jusuf Mangga menambahkan bahwa tidak ada toleransi bagi siapapun didalam Polri yang mau “main-main” politik.

“Jusuf Manggabarani ditaruh disini, salah satu tugas terpentingnya untuk menjamin sikap netral itu.Jangan kau pikir saya tidak bekerja serius untuk menjaga sikap netral itu. Awas, jangan ada polisi yang main-main. Ini Irwasum yang langsung menyampaikan peringatan.Laporan apa saja yang menyampaikan perbuatan polisi yang patut dapat diduga melakukan pelanggaran, saya proses. Kau tanya sama orang disini, berapa lama Jusuf Manggabarani merespon semua laporan pelanggaran polisi. Tidak ditunda-tunda. Langsung kami proses. Akhirnya, kalau sudah melihat muka saya ini, jadi pada takut,” lanjut Jusuf Mangga.

KATAKAMI.COM kembali menanyakan hal yang sama untuk benar-benar yakin terhadap keseriusan Polri terhadap sikap netral tadi, “Pak IRWASUM, apa benar POLRI bisa netral ?”

“Heh, saya tidak main-main mengatakan yang tadi. Tugas saya mengawal ini semua.Saya jamin betul POLRI akan netral. Begini ya, saya perlu menyampaikan juga kepada masyarakat agar diberi kepercayaan kepada POLRI. Dan dimanapun bertugas, Polisi harus betul-betul bekerja keras secara sungguh-sungguh. Kalau mau jadi Polisi, harus jujur dan adil kepada semua masyarakat ini. Paling penting untuk dilakukan oleh semua Polisi d Indonesia ini adalah bersikap jujur dan adil kepada rakyat,” kata Jusuf Mangga.

Masih menurut Jusuf Mangga, Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri juga sangat tegas prinsipnya untuk memastikan POLRI akan NETRAL dalam Pemilu 2009 ini.

“Saya ini kan tiap hari bersama Pak Kapolri. Jadi saya melihat sendiri bahwa beliau itu sangat serius. Begitu beliau jadi Kapolri, beliau ingin agar saya bisa cepat menangani semua kasus. Sekarangpun saya ini sedang periksa terus. Ada kasus-kasus penting. Jangan main-main sama saya, yang memeriksa itu pasti saya ingatkan. Hei, jangan main-main, saya beri waktu 2 hari untuk memeriksa kasus yang diserahkan,” ungkap Irwasum Jusuf Manggabarani.

KATAKAMI.COM mencoba menanyakan kasus-kasus penting apa saja yang sedang diperiksa oleh Tim Irwasum.

“Jangan tanya banyak-banyak. Apalagi soal pekerjaan saya. Mana pernah kalian lihat saya bicara-bicara ke wartawan untuk bocorkan. Makanya kalau ada wartawan yang tanya, saya lebih baik diam kalau kasusnya memang sedang diperiksa. Jadi kalau wartawan-wartawan tidak bisa tahu, ya memang harus begitu. Untuk apa tahu kalau pemeriksaan sedang dilakukan ? Makanya kalau di koran-koran lagi ramai bicara kasus-kasus, saya baca korannya. Saya bilang saja dalam hati saya sendiri, kasihan deh lu gak tahu. Iya betul. Dikira POLRI tidak menindak-lanjuti. Pak Kapolri ini cepat merespon. Saya yang diperintahkan. Saya periksa. Jadi banyak yang tidak kalau kami ini cepat merespon dan menindak-lanjuti kalau ada perbuatan polisi yang patut dapa diduga sebagai pelanggaran. Itu tugas saya.” kata Jusuf Mangga.

Wawancara sempat dihentikan, karena Irwasum mendapat telepon dari bawahan yang memang sedang dicari untuk diperintahkan menangani sebuah kasus perjudian.

“Itu tadi saya bicara dengan bawahan. Ada kasus judi. Saya baru dapat informasinya tadi. Kau bisa lihat, langsung saya perintah. Dalam dua hari, harus sudah ada laporan mengenai kasus itu kepada saya. Periksa ! Begitu yang bisa saya sampaikan,” kata Jusuf Mangga menutup wawancara eksklusif kami.

Komitmen dan kesungguh POLRI untuk bisa benar-benar netral dalam PEMILU 2009 ini, pasti akan sangat didukung oleh semua rakyat Indonesia.

Kami yakin, dan pasti akan banyak Pihak yang sependaapt bahwa Kapolri Jenderal Bambang Hendarso, akan mampu secara sungguh-sungguh membuktikan kepada masyarakat bahwa POLRI tidak berpihak ke salah satu Parpol atau Pasangan Capres / Cawapres.

POLRI, semoga dapat berdiri diatas semua golongan, sebab kepentingan BANGSA INDONESIA harus diletakkan diatas segala-galanya.

(MS

KATAKAMI.COM

TULISAN UTAMA DI KATAKAMI

%d blogger menyukai ini: